Rabu, 01 Februari 2012

Apa sih yang dimaksud hukuman Deindex Mbah Google?

Google Panda Deindex
Google Deindex adalah hukuman terberat yang diberikan Google pada blog2 yang melanggar ketentuan2 pada Algoritma Google, blog2 yang berakhir pada hukuman Deindex ini akan dihilangkan indexnya di pencarian Google, sehingga mengakibatkan dampak yang fatal pada blog tersebut. Kenapa? karena bila Google tidak mengindex blog tersebut, visitor pun akan turun drastis bahkan mencapai angka 0 besar.

Kok Google galak banget sih sampe teganya nge deindex blog? Sebenarnya penyebab utama banyak sekali blog2 kena deindex adalah karena artikelnya copy paste semua alias Duplicate Content. Update algoritma Google Panda akan menyikat seluruh blog yang berisi artikel duplicate content cepat atau lambat.

Biasanya blog yang di deindex oleh Google adalah blog2 sampah yang dianggap useless dan tidak berguna bagi visitor, seperti blog2 AGC (Auto Generate Content) dan Autoblog. Kenapa AGC dan Autoblog lebih rawan kena deindex? karena blog2 tersebut isi contentnya adalah duplikat content / copy paste atikel. Ya tentu saja itu sangat tidak etis di mata Google Panda, dan selayaknya mendapatkan hukuman Deindex. Apakah anda ketika mencari di Google pernah berkunjung ke blog yang isinya hanya link2 yang mengarah tidak jelas dan tidak menemukan informasi yang anda cari? itu adalah salah satu contoh blog Auto Generate Content(AGC) yang dianggap sampah di mata Visitor dan Google. Tetapi setelah algoritma Panda diluncurkan, saya sudah jarang menemui blog2 seperti ini lagi, mungkin karena sudah di Deindex.

Ada juga blog2 yang di Deindex karena blog tersebut menggunakan teknik hitam(Black Hat) untuk meningkatkan ranking blognya secara drastis. Jika Google mendapati blog yang sangat cepat naik rankingnya(Backlink spamming), Algoritma Google akan curiga dengan blog tersebut, dan biasanya blog tersebut akan dimasukan dulu ke Sandbox, kalau ternyata blog tersebut tertangkap algoritma menggunakan teknik Black Hat, maka Google tidak akan segan2 untuk meng Deindex blog tersebut dari pencariannya.

Lalu apa dong solusinya bila terkena Deindex? Jawab saya adalah: tinggalkan blog tersebut, bikin baru, karena itu adalah hukuman terberat dari Google dan sudah tidak ada harapan lagi blog tersebut untuk kembali Di index oleh Google. Ini bukan dari pengalaman saya saja, tapi saya juga baca dari pengalaman bule2 di forum2 luar tentang hukuman deindex ini, mereka sudah berusaha mati2 an untuk bisa Di index kembali, dan hasilnya adalah 0.

Semoga artikel saya dapat membuat anda jadi lebih berhati-hati sama kegalakan mbah Google. Mending maen putih(White Hat) aja kayak saya hehehe, artikel bikin sendiri original, nulis2 sendiri, gak bakal copy paste :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar