Sabtu, 04 Februari 2012

Internal Linking dan External linking

external internal linking
Link dalam sebuah blog dibagi menjadi 2 tipe, yaitu Internal Link dan External Link. Yang juga tentunya berhubungan dengan SEO.

Internal linking adalah link yang mengarah dari suatu blog pada pages lain blog itu sendiri, seperti contoh saya ingin memberikan link pada salah satu halaman saya Pengalaman Dapet $ Amazon, ini yang dinamakan internal link. Internal Linking adalah salah satu faktor dari Optimasi SEO-OnPage, blog yang memiliki internal linking yang cukup akan memiliki nilai yang bagus di Search Engine. Karena melalui internal linking, kita juga memberikan link juice (power) pada pages2 kita yang lain.

External linking adalah link yang mengarah dari suatu blog ke blog lain, seperti contoh jika saya ingin memberikan referensi artikel saya tentang SEO ke halaman Wikipedia SEO, inilah yang dinamakan external linking atau Link keluar. Dan external linking ini juga berpengaruh terhadap SEO dan termasuk dalam tipe SEO-OffPage, biasanya digunakan orang untuk mencari backlink. Orang yang ingin blog nya mendapat ranking yang bagus di Google akan menyebarkan external link Dofollow dari blog orang lain ke blog nya sendiri, sehingga blog nya akan mendapatkan ranking yang bagus di mata Google pada suatu keyword tertentu.

Website yang ber PageRank besar dan Authority biasanya banyak mendapatkan external link dari blog2 lain, karena memiliki artikel yang berkualitas, sehingga blog2 lain pun rela memberikan credit backlink gratis ke website tersebut. Contoh website Authority yang sering saya lihat adalah seperti Wikipedia, banyak artikel2 blog orang lain yang mengarahkan external link ke Wikipedia karena informasi yang diberikan Wikipedia sangatlah bermanfaat dan berkualitas.

Kesimpulan, bangunlah blog yang memiliki artikel yang berkualitas dan berguna bagi Visitor. Siapa tau nanti mereka akan memberikan backlink gratis dari blog mereka ke blog anda :D

2 komentar: