Rabu, 01 Februari 2012

Apa sih itu PageRank?

PageRank
PageRank atau biasa disingkat PR adalah tolak ukur Google untuk menilai kualitas suatu blog/situs, biasanya situs2 yang dianggap sangat berkualitas/authority di mata Google memiliki PageRank yang sangat besar.

Bagaimana caranya sebuah situs bisa memiliki PageRank besar? itu dikarenakan situs tersebut memiliki banyak backlink yang berkualitas yang mengarah ke situs tersebut.

Google mengukur sebuah situs dengan skala PageRank antara 0 - 10 Poin. Semakin besar Poin PageRank sebuah blog, semakin besar pula kualitas blog tersebut di mata Google, dan biasa disebut Authority Blog. Bila terlihat pagerank sebuah blog tertulis N/A, kemungkinan blog tersebut belum di chace(simpan) oleh Google.

Ini adalah situs2 yang dianggap sangat penting oleh Google, sehingga memiliki PageRank yang sangat besar: Facebook.com mempunyai PR 9, Apple.com PR 9, Technorati PR 8, Yahoo.com PR 7, dll

Jika anda mendapatkan backlink dari situs2 besar yang ber page rank tinggi dan trusted by Google, maka tidak bisa dipungkiri lagi ranking situs anda akan melejit sangat signifikan, dan mendapatkan banyak visitor yang berasal dari Google.

PageRank Google di update selama 4 bulan sekali. Maka dari itu, selama PageRank belum di update, situs2 baru yang meskipun memiliki banyak backlinkpun akan tetap ber PageRank 0 bila PageRank Google belum di update.

Meskipun skala PageRank Google hanya 1 - 10 saja, tapi kalau sebuah blog ber PageRank 4 dibandingkan blog lain yang ber PageRank 5 sangatlah jauh. Karena untuk menaikan PageRank dari 4 ke 5 itu juga butuh perjuangan yang sangat sulit.

Situs2 besar seperti Yahoo yang memiliki jutaan backlink pun hanya memiliki PageRank 7 saja, sangat jauh bila dibandingkan dengan Facebook yang memiliki ratusan juta backlink dan memiliki PageRank 9. Kalo Google kayanya punya milyaran backlink, pantes aja PageRank nya 10. Secara dia sendiri mbah nya Internet hihihi..

Bagaimana cara mengecheck PageRank sebuah blog? silahkan kunjungi situs ini http://www.prchecker.info/check_page_rank.php
PageRank yang ditunjukan disana sangat akurat sesuai Algoritma Google

Sekian artikel saya tentang penjelasan PageRank ini, semoga bisa membantu menambah wawasan anda pada SEO :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar