Rabu, 01 Februari 2012

Apa sih itu SEO?

SEO
SEO adalah kepanjangan dari Search Engine Optimazion, yang mana digunakan oleh Search2 Engine seperti Google, Yahoo, Bing untuk mengukur tingkat kelayakan suatu blog / situs web untuk mendapatkan ranking yang tinggi di Search Engine mereka.

Jika blog anda memiliki SEO yang bagus di mata para Search Engine, maka bisa dipastikan blog anda akan mendapatkan ranking yang bagus di pencarian Search Engine pada suatu keyword tertentu.

Lalu apa dong yang harus dilakukan untuk mendapatkan ranking yang bagus di Search Engine?
Ini nih caranya..

SEO dibagi menjadi 2 tipe:

1. SEO On-Page

SEO On page ini berfokus pada keyword, ke unikan artikel, dan link2 yang ada di dalam blog itu sendiri, seperti contoh: peletakan H1 H2 H3, optimasi meta keyword, optimasi meta description, internal linking, dsb

2. SEO Off-Page

SEO Off page ini lebih berfokus pada link2 dari blog lain yang mengarah ke blog anda, yang juga biasa disebut "Backlink". Jika blog anda mendapatkan backlink2 berkualitas dari situs2 ber Page Rank tinggi, bisa dipastikan Search Engine akan menganggap blog anda sangat penting, dan alhasil mereka akan menaikan Ranking blog anda di alat pencarian nya.


Keuntunganya

Apakah keuntungan mendapatkan Ranking yang tinggi di Search Engine?
tentu saja anda mendapatkan banyak sekali visitor menuju ke blog anda,

Jika anda memiliki Toko Online, katakanlah anda memiliki Toko Online khusus untuk jualan "Kaos Couple", lalu anda meng-SEO kan kata kunci Kaos Couple tersebut dengan mencari backlink2 dari situs lain. Dan jika visitor mengetikan kata kunci di pencarian Search Engine untuk kata kunci "Kaos Couple", maka sang visitor akan dapat menemukan blog anda karena blog anda memiliki ranking yang bagus di kata kunci tersebut. Alhasil anda akan mendapatkan penjualan Kaos Couple di Toko Online anda

Backlink

Penjelasan detail tentang backlink bisa anda baca disini
Untuk mendapatkan backlink, anda bisa mencarinya dengan cara

1. Blog walking, comment di blog orang lain dengan menyertakan link anda (blogspot, wordpress)
2. Forum profile, meninggalkan link di akun profile forum anda
3. Social bookmark, meninggalkan link di situs2 social bookmark (lintasberita.com,infogue.com,dll)
4. Article directory, meninggalkan link di situs2 artikel direktori (ezinearticles.com, goarticles.com)
5. Dummy blog, membuat blog dan meninggalkan link anda di artikelnya. seperti wordpress, blogspot, weebly, tumblr, dll

Karena sebagian besar visitor sebanyak 80% di dunia suka memakai Search Engine Google, para internet marketer biasanya akan memaksimalkan SEO dan menargetkan kata kunci berdasarkan pencarian Google.

Itulah sebagian tehnik dasar yang bisa anda ketahui tentang SEO dan link building untuk menaikan ranking blog anda di Search Engine.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar