Rabu, 01 Februari 2012

Apa sih yang dimaksud dengan Google Sandbox?

Google Sandbox
Google sandbox adalah hukuman dari Google untuk situs2 blog yang biasanya menggunakan tehnik2 greyhat dan blackhat. Ini adalah salah satu momok para internet marketer dan para blogger.

Dan apakah efeknya jika blog terkena Google sandbox? ranking2 keyword dari blog tersebut akan terpental jauh dari posisi semula, dan ini bisa nyebabin visitor blog tersebut turun sangat drastis, karena sebagian besar visitor yang datang ke blog adalah organic visitor yang datang dari search engine Google.

Kok bisa blog kena hukuman Google sandbox? ngeri dong... Iya memang ngeri hihihi, biasanya blog2 yang terkena Sandbox adalah blog2 yang mencurigakan di mata Google. Seperti misalnya, blog tersebut terlalu banyak nge spam backlink yang tidak berkualitas (atau kebanyakan nofollow), backlink2 yang tidak berkualitas dan memiliki Pagerank 0 atau bahkan N/A adalah salah satu penyebab sebuah blog kena hukuman sandbox, bahkan yang paling parah adalah hukuman Deindex alias ke banned dari index Google.

Penyebab sandbox yang lain adalah duplicate content, seperti yang telah kita ketahui Google mengupdate algoritma barunya yang bernama Google Panda. Algoritma panda lebih menekankan hukuman pada blog2 yang contentnya semuanya adalah duplikat alias copy paste, dan lebih memberi penghargaan ranking yang bagus sama blog2 yang contentnya asli / original kayak artikel yg saya tulis ini adalah tulisan tangan saya sendiri hehehe :D

Google Sandbox juga kadang dijuluki Google Dance, karena ranking keyword blog nya tidak stabil. Kadang naik, kadang turun, dan begitu seterusnya rankingnya tidak stabil. Dan ini tentu saja membuat visitor yang datang tiap harinya tidak stabil.

Lalu solusinya apa dong kalau kena Google Sandbox? Sepengalaman saya, teruslah bangun Backlink yang berkualitas (ingat, backlink yang berkualitas) dari situs2 Authority sites yang sudah mempunyai PageRank besar, jangan mencari backlink dari blog abal2 yang PageRank nya cuma 0 atau N/A. Karena bila terlalu banyak backlink dari blog2 ber PageRank kecil, akan terlihat spammy di mata Search Engine Google. Bila anda terus membangun backlink yang berkualitas ke situs anda, alhasil kedepannya situs anda akan dipercaya lagi (Trusted) oleh Google dan memberikan ranking bagus di pencariannya.

Itulah pengalaman saya tentang Google Sandbox, karena saya sendiri juga pernah mengalami terkena Google Sandbox dan Google Dance. Saya terus membangun backlink berkualitas, alhasil seminggu / 2 minggu situs saya kembali melejit ke page one Google, dan traffik pun meningkat drastis.

Selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar