Rabu, 01 Februari 2012

Apa sih itu Backlink?

Backlink
Backlink adalah termasuk tipe SEO Off-Page, dan berguna sebagai tolak ukur ranking Search Engine Google dalam menilai kelayakan sebuah blog untuk mendapatkan ranking bagus. Jadi gampanganya, semakin banyak backlink berkualitas = semakin blog anda sangat bagus di mata Search Engine Google.

Dan apa yang terjadi ketika blog anda mendapatkan ranking bagus di Google? tentu saja anda akan mendapatkan banyak visitor tertarget ke blog anda, semisal anda memiliki Toko Online, anda akan banyak mendapatkan penjualan.

Cara mencari backlink di blog orang lain.

1. Blog Commenting backlink

Pertama anda harus mencari blog orang lain di Google, silahkan search di google, "keyword anda" site:blogspot.com (ini untuk mencari backlink dari blogspot). Setelah itu akan muncul banyak blog di bawah kolom pencarian, klik blog2 tersebut, lalu scroll ke bawah ke bagian comment, biasanya anda akan disuruh mengisi
Nama: Nama anda
Url: http://bloganda.com (ini yg akan digunakan sebagai backlink yg mengarah ke blog anda)
Email: email terserah
Kolom comment: isikan comment yang berhubungan dengan artikel blog tersebut (agar di approve oleh si pemilik blog)

2. Forum Profile backlink

ketikan di kolom search Google, "/index.php/member", pada kolom search dibawah itulah daftar forum2 yang siap anda tancapkan backlink di dalamnya. Langkah pertama adalah klik salah satu forum tersebut, lalu daftarkan diri anda untuk menjadi member di forum tersebut, setelah itu verifikasi email untuk mengaktivkan ID forum tersebut. Lalu menuju setting user profile, dan tancapkan backlink anda di "Signature" dengan format anchor text kata kunci anda, lalu pencet Save, backlink pun sudah tertancap hehehe.

3. Social Bookmark

Datang ke situs2 ini: diggo.com, folkd.com, reddit.com. Lalu daftarkan diri anda ke situs2 tersebut, setelah terdaftar, submit URL dan isikan alamat URL blog anda. Backlink pun sudah tertancap di situs2 bookmark.
List daftar social bookmark bisa anda dapatkan disini www.directoryroll.com/social-bookmarking-list.php

4. Dummy Blog

Datang ke situs2 ini: livejournal.com, wordpress.com, blogspot.com, weebly.com, tumblr.com
lalu daftarkan ID untuk membuat blog di situs mereka, setelah blog jadi.. isikan artikel dan juga backlink yang mengarah ke situs anda.

Usahakan mencari backlink dari situs yang mempunyai PageRank yang tinggi dan backlink tersebut adalah DoFollow, karena bila link anda NoFollow sama saja backlink yg anda tancapkan tidak bernilai. Power backlink dari situs ber PageRank tinggi lebih besar pengaruhnya untuk menaikan ranking situs anda di pencarian Google.

Backlink yang baik adalah backlink yang menggunakan Anchor Text yang "menembak" keyword yang ingin anda target.
Anchor Text adalah text yang memiliki link, contoh kasus: Saya ingin meningkatkan ranking di salah satu blog saya dengan kata kunci "Motivasi Bong Chandra", lalu saya akan memberikan backlink melalui blog ini dengan anchor text Motivasi Bong Chandra yang mengarah ke halaman artikel Bong Chandra, inilah yang dinamakan backlink ber anchor text targeted keyword. Maka ranking kata kunci "Motivasi Bong Chandra" pun akan meningkat di pencarian Google. Coba ketikan Motivasi Bong Chandra di google, artikel blog saya ada di ranking #1.

Penjelasan backlink diatas adalah salah satu pondasi untuk mengokohkan dan mengoptimalkan blog kita agar dianggap berkualitas oleh Search Engine Google. Masih banyak faktor lain yang bisa anda temukan untuk mengoptimalkan situs anda, salah satunya adalah SEO OnPage

Semoga trick2 dan cara saya diatas dapat membuat blog anda mendapatkan ranking yang bagus di Google, tapi jangan terlalu banyak nge spam backlink yang tidak berkualitas yah, tar bisa kena hukuman Sandbox sama mbah Google.

4 komentar: